Ketentuan Penggunaan Layanan KLUTO
Mulai dari Januari 2022
BACALAH SELURUH KETENTUAN PENGGUNAAN INI SEBELUM MENGAKSES ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KLUTO
Ketentuan Penggunaan KLUTO ini mengatur hubungan antara pengguna (“Mitra Usaha”) dan PT Kisun Kreasi Digital ("KLUTO "), dengan ketentuan-ketentuan sebagaimana tertera di bawah ini yang dituangkan dalam bentuk Kontrak Elektronik.
KLUTO dan Mitra Usaha masing-masing disebut sebagai “Pihak” dan secara bersama-sama disebut sebagai “Para Pihak”.
Bahwa:
1. KLUTO adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang aktivitas platform digital dengan tujuan komersial serta penyediaan layanan aplikasi sistem kasir dengan merek dagang “KLUTO”.
2. Mitra Usaha adalah suatu badan hukum dan/atau perorangan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan/atau jasa, bertindak secara independen, menjalankan bisnisnya dengan kebijakan sendiri dan bermaksud untuk menggunakan layanan KLUTO.
3. Ketentuan Penggunaan ini mengatur akses dan penggunaan Mitra Usaha atas Aplikasi KLUTO , situs web dan , beserta konten dan produk-produk yang KLUTO sediakan didalamnya (selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai “Platform KLUTO”).
4. Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, Mitra Usaha juga menyetujui Ketentuan Penggunaan tambahan, termasuk Ketentuan Penggunaan pada masing-masing Layanan, beserta setiap perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini (selanjutnya, Ketentuan Penggunaan, Ketentuan Penggunaan tambahan dan setiap perubahannya secara bersama-sama disebut sebagai “Ketentuan Penggunaan”). Meskipun merupakan satu kesatuan, Ketentuan Penggunaan tambahan akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Ketentuan Penggunaan.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Mitra Usaha setuju atas syarat dan ketentuan seperti sebagaimana tercantum di bawah ini:
1. Definisi
Kecuali secara tegas ditentukan lain dalam Ketentuan Penggunaan ini, istilah-istilah yang digunakan memiliki arti sebagai berikut:
1. Aplikasi KLUTO adalah aplikasi perangkat lunak yang KLUTO kembangkan dari waktu ke waktu yang berfungsi sebagai suatu sarana elektronik untuk membantu Mitra Usaha dalam melaksanakan fungsi kasir digital dan pengelolaan Gerai melalui perangkat telepon genggam dan/atau tablet.
2. Dokumen Administratif adalah dokumen yang menunjukkan legalitas Mitra Usaha.
3. Formulir Mitra Usaha adalah formulir pendaftaran Layanan dan/atau formulir-formulir lainnya dalam bentuk elektronik, yang berisi mengenai keterangan data dan informasi Mitra Usaha, termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat dan nomor telepon Mitra Usaha yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Ketentuan Penggunaan ini.
4. Gerai adalah gerai yang dimiliki, dikelola dan didaftarkan oleh Mitra Usaha di dalam Platform KLUTO sebagaimana dapat diubah dan ditambah dari waktu ke waktu oleh Mitra Usaha.
5. Hak Kekayaan Intelektual adalah:
a. hak paten, merek dagang, hak cipta (termasuk hak dalam perangkat lunak), nama dagang, nama domain internet, topografi, hak desain, hak moral, hak-hak dalam data basis, rahasia dagang, cara penggunaan dan Informasi Rahasia lainnya, ilmu pengetahuan (know-how), ciptaan, kode piranti lunak dan hak-hak kekayaan intelektual lainnya, baik terdaftar maupun tidak terdaftar, dan termasuk sedang dalam aplikasi untuk pendaftaran, dan seluruh hak atau bentuk lain dari perlindungan yang memiliki efek yang serupa dimanapun di dunia ini yang daripadanya merupakan Hak Kekayaan Intelektual;
b. hak berdasarkan lisensi, persetujuan, perintah, peraturan perundang-undangan atau berdasarkan apapun sehubungan dengan poin a di atas;
c. hak yang memiliki dampak atau asal yang sama atau serupa dengan poin a dan b yang saat ini atau di kemudian hari mungkin timbul; dan
d. hak untuk menuntut pelanggaran yang sudah ada dari hak-hak yang disebutkan di atas.
6. Hari Kalender berarti periode 24 (dua puluh empat) jam berturut-turut berakhir pada Pukul 12.00 tengah malam.
7. Hari Kerja berarti hari yang bukan merupakan Sabtu atau Minggu atau hari libur publik atau hari libur bank di Indonesia.
8. Informasi Rahasia adalah data dan/atau informasi yang:
a. diberikan oleh salah satu Pihak kepada Pihak lainnya, sehubungan dengan pelaksanaan Layanan oleh KLUTO kepada Mitra Usaha;
b. merupakan hak milik dari, mengenai atau dibuat oleh salah satu Pihak; dan
c. mengenai salah satu Pihak yang memberikan Pihak yang lain suatu manfaat bisnis atau kesempatan untuk memperoleh manfaat tersebut atau pengungkapan dari hal mana dapat merugikan kepentingan Pihak tersebut.
9. Kebijakan Privasi adalah kebijakan privasi atas penggunaan Layanan yang dapat diakses pada https://kluto.id/privacy , sebagaimana diterapkan serta dapat diubah atau ditambahkan dari waktu ke waktu oleh KLUTO yang merupakan bagian dan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini.
10. Kontrak Elektronik adalah perjanjian Para Pihak yang dibuat melalui sistem elektronik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.
11. Layanan adalah layanan KLUTO Fitur Modular dan/atau layanan lainnya yang KLUTO sediakan dan kembangkan dari waktu ke waktu.
12. Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan adalah pihak ketiga yang memiliki hubungan kerja sama dengan KLUTO , termasuk namun tidak terbatas pada pihak ketiga yang bekerja sama dengan KLUTO untuk menyelenggarakan Layanan.
13. Pelanggan adalah konsumen Mitra Usaha yang melakukan Transaksi.
14. Transaksi adalah setiap transaksi jual beli barang dan/atau jasa yang diproses menggunakan dan melalui Layanan.
2. Penggunaan Platform KLUTO dan Layanan
1. Akses dan penggunaan Platform KLUTO tunduk pada ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini. Mitra Usaha mempunyai kebebasan penuh untuk memilih menggunakan Platform KLUTO atau aplikasi lain, menggunakan Layanan yang tersedia pada Platform KLUTO atau tidak, atau berhenti menggunakan Platform KLUTO.
2. Dalam hal ini KLUTO memfasilitasi Mitra Usaha dalam menyediakan piranti lunak yang mendukung kegiatan operasional usaha Mitra Usaha yang mencakup tetapi tidak terbatas pada penyediaan Layanan dan pengelolaan Gerai.
3. Sebelum mengakses dan menggunakan Platform KLUTO, Mitra Usaha harus menyetujui Ketentuan Penggunaan ini dan dan mendaftarkan diri dengan menyelesaikan pengisian Formulir Mitra Usaha.
3. Akun
1. Akun hanya dapat digunakan oleh Mitra Usaha dan/atau karyawan Gerai yang telah diberikan otorisasi oleh Mitra Usaha untuk mengakses Akun dan tidak bisa dialihkan kepada pihak ketiga lainnya yang tidak terotorisasi dengan alasan apapun. KLUTO berhak menolak untuk memfasilitasi penggunaan Platform KLUTO dan/atau Layanan jika KLUTO mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Mitra Usaha telah mengalihkan atau membiarkan Akun digunakan oleh pihak ketiga lainnya yang tidak terotorisasi oleh Mitra Usaha.
2. Keamanan dan kerahasiaan Akun, termasuk namun tidak terbatas pada nama terdaftar, alamat surat elektronik terdaftar, password, nomor telepon genggam terdaftar, rincian pembayaran dan Fitur Modular yang Mitra Usaha pilih, serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem KLUTO sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Mitra Usaha. Semua kerugian dan risiko yang ada akibat kelalaian Mitra Usaha menjaga keamanan dan kerahasiaan sebagaimana disebutkan ditanggung oleh Mitra Usaha sendiri. Dalam hal demikian, KLUTO akan menganggap setiap penggunaan yang dilakukan melalui Akun Mitra Usaha sebagai permintaan yang sah dari Mitra Usaha.
3. Segera beritahukan KLUTO jika Mitra Usaha mengetahui atau menduga bahwa Akun telah digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Mitra Usaha. KLUTO akan melakukan tindakan yang KLUTO anggap perlu dan dapat KLUTO lakukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.
4. Pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan dan pembagian informasi pribadi Mitra Usaha yang Mitra Usaha berikan ketika melakukan aktivasi Akun akan tunduk pada Kebijakan Privasi, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini. Yang dimaksud dengan informasi pribadi, merujuk kepada informasi pribadi yang didefinisikan berdasarkan Kebijakan Privasi.
4. Biaya & Pembayaran
1. Setelah berakhirnya Masa Percobaan, Mitra Usaha dapat melanjutkan penggunaan Platform KLUTO dan/atau Layanan dengan cara membayar biaya berlangganan. Mitra Usaha memahami bahwa KLUTO dapat memblokir dan/atau memberhentikan akses Mitra Usaha atas penggunaan Platform KLUTO dan/atau Layanan apabila Mitra Usaha tidak melakukan pembayaran biaya berlangganan sesuai dengan jangka waktu pembayaran yang ditetapkan
2. Harga biaya berlangganan yang tertera di Platform KLUTO adalah harga untuk setiap Gerai yang menggunakan Platform KLUTO. Harga biaya berlangganan yang tertera pada Platform KLUTO dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra Usaha melalui sarana apa pun yang ditetapkan oleh KLUTO .
3. Mitra Usaha memahami bahwa pembayaran atas total harga biaya berlangganan dilakukan dengan mengikuti proses pembayaran yang terdapat di Platform KLUTO. Mitra Usaha wajib melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang ditentukan di dalam Platform KLUTO.
5. Aplikasi KLUTO
KLUTOhanya menyediakan Aplikasi KLUTOyang resmi pada pasar digital resmi dimana KLUTOadalah pengembang dari aplikasi tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada pasar digital seperti Google Play Store atau Apple App Store, dan untuk digunakan hanya pada perangkat telepon genggam atau tablet. Mengunduh Aplikasi KLUTOdari tempat lain selain pasar digital resmi dan/atau ke dalam perangkat lain selain telepon genggam atau tablet merupakan pelanggaran terhadap Ketentuan Penggunaan ini dan terhadap Hak Kekayaan Intelektual KLUTO.
6. Penambahan Gerai
Mitra Usaha dapat melakukan penambahan Gerai secara langsung melalui fitur penambahan Gerai yang terdapat di dalam Platform KLUTO sesuai dengan kebutuhan Mitra Usaha. Mitra Usaha memahami bahwa Mitra Usaha wajib untuk memberikan detail informasi Gerai yang akan Mitra Usaha tambahkan ke dalam Platform KLUTO, termasuk namun tidak terbatas pada nama Gerai, alamat Gerai dan nomor telepon Gerai.
7. Hak Kekayaan Intelektual
1. Platform KLUTO dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan Hak Kekayaan Intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia yang terdaftar baik atas nama KLUTO ataupun Afiliasi KLUTO . KLUTO (dan pemberi lisensi KLUTO ) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Platform KLUTO dan Layanan, termasuk seluruh Hak Kekayaan Intelektual terkait dengan seluruh fitur yang terdapat didalamnya dan Hak Kekayaan Intelektual terkait.
2. Tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini, KLUTO memberikan Mitra Usaha lisensi terbatas yang tidak eksklusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat dialihkan (tanpa hak sublisensi) untuk mengunduh dan/atau mengakses serta menggunakan Platform KLUTO , sebagaimana adanya, terbatas hanya untuk keperluan penggunaan Platform KLUTO dan Layanan baik melalui aplikasi maupun web-dashboard. Hak istimewa lainnya yang tidak secara tegas diberikan dalam Ketentuan Penggunaan ini, adalah hak KLUTO atau pemberi lisensi KLUTO.
3. KLUTO dapat menggunakan nama, logo, lambang, simbol, merek dagang milik Mitra Usaha untuk tujuan promosi atau publikasi terkait penggunaan Platform KLUTO dan Layanan, tanpa adanya pengalihan Hak Kekayaan Intelektual dari Mitra Usaha kepada KLUTO.
4. Setiap penggandaan, distribusi, pembuatan karya turunan, penjualan atau penawaran untuk menjual, penampilan baik sebagian atau seluruhnya, serta penggunaan Platform KLUTO dan/atau Layanan, baik secara digital atau lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi tambahan seperti aplikasi modifikasi, emulator, dan lain-lain, yang menyimpang dari Ketentuan Penggunaan ini, maupun tujuan penggunaan yang ditentukan oleh KLUTO, merupakan pelanggaran terhadap Hak Kekayaan Intelektual KLUTO.
5. Mitra Usaha tidak boleh:
a) menghapus setiap pemberitahuan hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Platform KLUTO ;
b) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum baik sebagian maupun seluruhnya, merekayasa balik (reverse engineer), mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Platform KLUTO (termasuk perangkat lunak, fitur dan Layanan di dalamnya);
c) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak lain Platform KLUTO dan/atau perangkat lunak dengan cara menciptakan tautan (link) internet ke Platform KLUTO atau "frame" atau "mirror" setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet;
d) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Platform KLUTO ;
e) menggunakan aplikasi pencarian atau pengambilan kembali situs, perangkat manual atau otomatis lainnya untuk mengambil (scraping), indeks (indexing), survei (surveying), tambang data (data mining), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Platform KLUTO atau isinya;
f) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi lain yang KLUTO miliki tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari KLUTO atau pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada MOKA; dan
g) menggunakan dan/atau mengakses secara tidak resmi Platform KLUTO untuk (i) merusak, melemahkan atau membahayakan setiap aspek dari Platform KLUTO, Layanan atau sistem dan jaringan terkait; dan/atau (ii) membuat produk atau layanan tandingan serupa menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafik menyerupai Platform KLUTO.
8. Tanggung Jawab Mitra Usaha
1. Mitra Usaha bertanggung jawab penuh atas keputusan yang Mitra Usaha buat untuk menggunakan atau mengakses Platform KLUTO , Layanan dan Penawaran. Mitra Usaha bertanggung jawab secara penuh atas setiap kerugian dan/atau klaim yang timbul dari penggunaan Platform KLUTO, Layanan dan/atau Penawaran melalui Akun, baik oleh Mitra Usaha atau pihak ketiga lainnya yang Mitra Usaha otorisasi untuk menggunakan Akun, dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan, , Ketentuan Penggunaan tambahan, termasuk syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi yang ditentukan Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan, Penyedia Penawaran dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas untuk tujuan anti pencucian uang, anti pendanaan terorisme, aktivitas kriminal, penipuan dalam bentuk apapun (termasuk namun tidak terbatas pada kegiatan phishing dan/atau social engineering), pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, dan/atau aktivitas lain yang merugikan publik dan/atau pihak lain manapun atau yang dapat atau dianggap dapat merusak reputasi KLUTO.
2. Dalam menggunakan Platform KLUTO dan Layanan, Mitra Usaha wajib untuk memiliki seluruh lisensi dan perizinan yang diperlukan untuk terlibat dalam kegiatan usaha penyediaan barang dan/atau jasa sesuai dengan bidang usaha Mitra Usaha. Mitra Usaha lebih lanjut bertanggung jawab penuh apabila dikemudian hari kegiatan usaha Mitra Usaha dinyatakan melanggar hukum, peraturan perundang-undangan dan ketertiban umum.
4. Mitra Usaha bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan Platform KLUTO dan Layanan dalam cara yang wajar dan setuju untuk tidak meminta pertanggungjawaban dari KLUTO atas segala tuntutan, kerugian, dan/atau kehilangan sehubungan dengan penggunaan Platform KLUTO dan Layanan dalam cara yang tidak wajar atau tidak sesuai dengan Ketentuan Penggunaan ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mitra Usaha setuju bahwa Mitra Usaha tidak akan mengaitkan Platform KLUTO dan Layanan dengan aktivitas apapun yang mungkin dianggap, termasuk namun tidak terbatas, sebagai:
a. Melanggar Hak Kekayaan Intelektual pihak ketiga manapun;
b. Melanggar hak publikasi atau hak privasi pihak ketiga manapun;
c. Ilegal atau mendorong atau sehubungan dengan, baik secara langsung maupun tidak langsung, tindakan ilegal apapun;
d. Menjual penggunaan, akses, atau mereproduksi Platform KLUTO dan Layanan kepada pihak ketiga manapun; dan/atau
e. Suatu penipuan, memperdaya, atau menyesatkan dengan cara apapun.
9. Batasan Tanggung Jawab KLUTO
1. KLUTO menyediakan Platform KLUTO sebagaimana adanya dan KLUTO tidak menyatakan atau menjamin bahwa keandalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, kelengkapan atau keamanan dari Platform KLUTO dapat memenuhi kebutuhan dan akan sesuai dengan harapan Mitra Usaha, termasuk namun tidak terbatas pada Layanan dan Penawaran yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan dan Penyedia Penawaran. KLUTO tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh setiap kegagalan atau kesalahan yang dilakukan oleh Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan dan Penyedia Penawaran ataupun kegagalan atau kesalahan Mitra Usaha dalam mematuhi Ketentuan Penggunaan KLUTO, Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan dan Penyedia Penawaran.
2. Platform KLUTO dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk namun tidak terbatas pada telepon genggam, tablet dan/atau perangkat komputer Mitra Usaha, Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan dan/atau Penyedia Penawaran rusak, tidak terhubung dengan internet, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. KLUTO tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.
3. KLUTO akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengelola dan merawat Platform KLUTO dan Layanan agar tetap lancar serta atas kebijakannya dapat memberikan Mitra Usaha rekomendasi perangkat keras dan konfigurasi jaringan yang sesuai dengan Platform KLUTO dan Layanan milik KLUTO. KLUTO dengan ini bertanggung jawab untuk memberikan bantuan teknis dan/atau operasional kepada Mitra Usaha dalam hal terjadi gangguan yang masih termasuk dalam batas kewajaran sesuai dengan standar servis KLUTO, termasuk memberikan edukasi terkait penggunaan Platform KLUTO dan Layanan kepada Mitra Usaha.
5. Mitra Usaha mengakui bahwa KLUTO dapat menggunakan jasa pihak ketiga untuk menyediakan perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, sambungan, teknologi dan/atau jasa lainnya yang bertujuan untuk menunjang penggunaan Platform KLUTO dan/atau Layanan. Tindakan dan kelalaian atas jasa pihak ketiga adalah di luar kendali KLUTO, dan KLUTO tidak menerima tanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang diderita sebagai akibat dari segala tindakan atau kelalaian pihak ketiga tersebut.
6. KLUTO tidak berkewajiban untuk mengawasi akses atau penggunaan Mitra Usaha atas Platform KLUTO. Namun dari waktu ke waktu KLUTO dapat melakukan pengawasan untuk memastikan kelancaran penggunaan Platform KLUTO dan untuk memastikan kepatuhan terhadap Ketentuan Penggunaan ini, peraturan perundang-undangan yang berlaku, putusan pengadilan, dan/atau ketentuan lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.
7. KLUTO tidak mempunyai kewajiban apapun, termasuk untuk mengambil tindakan lebih jauh atau tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Mitra Usaha, Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan, atau Penyedia Penawaran, terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Mitra Usaha dan Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan, atau Penyedia Penawaran. Tetapi, KLUTO akan menjembatani Mitra Usaha dan Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan atau Penyedia Penawaran atas setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Mitra Usaha dan Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan atau Penyedia Penawaran dengan upaya wajar yang diperlukan. Ketika KLUTO memfasilitasi penyelesaian permasalahan atau perselisihan antara Mitra Usaha dan Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan, atau Penyedia Penawaran, KLUTO tidak bertindak sebagai mediator dan hal tersebut tidak menimbulkan kewajiban lebih jauh apapun terhadap KLUTO.
10. Penyelesaian Masalah
1. Pelaporan
Apabila Mitra Usaha mengalami gangguan sistem, mengetahui atau menduga bahwa Akun Mitra Usaha diretas, digunakan atau disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak terotorisasi, atau apabila perangkat telepon genggam atau tablet pribadi Mitra Usaha hilang, dicuri, diretas atau terkena virus, segera laporkan kepada KLUTO sehingga KLUTO dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari penggunaan, penyalahgunaan, atau kerugian yang timbul atau mungkin timbul lebih lanjut.
Apabila Mitra Usaha mengalami kendala atau masalah terkait Layanan atau Penawaran maka Mitra Usaha dapat menyampaikan keluhan Mitra Usaha melalui fitur yang KLUTO sediakan atau dengan menghubungi KLUTO secara langsung ke kontak yang tertera di bagian akhir Ketentuan Penggunaan ini.
Untuk menyampaikan keluhan, pertanyaan, sanggahan, dan lain-lain (“Laporan”), Mitra Usaha perlu memberikan informasi yang cukup, termasuk namun tidak terbatas pada, ringkasan fakta yang terjadi, bukti-bukti yang Mitra Usaha miliki, dan informasi pribadi, seperti alamat surat elektronik dan nomor telepon genggam terdaftar.
Untuk menanggapi setiap Laporan yang Mitra Usaha sampaikan, KLUTO akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan mencocokan informasi yang Mitra Usaha berikan dan informasi terkait Mitra Usaha yang terdapat dalam sistem KLUTO . Jika diperlukan, KLUTO dapat secara langsung meminta Mitra Usaha memberikan informasi yang diperlukan untuk tujuan verifikasi.
KLUTO dapat menolak untuk menindaklanjuti Laporan Mitra Usaha jika informasi yang Mitra Usaha berikan tidak cocok dengan informasi terkait Mitra Usaha yang terdapat dalam sistem KLUTO atau apabila Laporan disampaikan terkait, terhadap, atas nama atau oleh pihak lain yang berbeda dengan pemilik Akun yang bersangkutan yang terdaftar secara resmi pada sistem KLUTO. KLUTO dapat memberhentikan tindak lanjut terhadap Laporan Mitra Usaha jika MOKA, dengan kebijakan KLUTO sepenuhnya, menganggap bahwa Laporan Mitra Usaha tidak didukung oleh fakta-fakta yang cukup dan jelas, atau telah selesai.
KLUTO juga dapat meneruskan Laporan Mitra Usaha kepada Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan, atau Penyedia Penawaran untuk diselesaikan secara langsung oleh Mitra Usaha dan Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan , atau Penyedia Penawaran.
2. Penyelesaian Sengketa
Setiap dan seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan Platform KLUTO atau Layanan ("Sengketa") akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat terlebih dahulu dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender sejak adanya pemberitahuan mengenai Sengketa tersebut.
Apabila Sengketa tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah mufakat dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender sejak Sengketa diberitahukan, Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan Sengketa secara final melalui arbitrase yang diselenggarakan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) sesuai dengan ketentuan-ketentuan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang berlaku pada saat itu. Arbitrase akan dipimpin oleh 1 (satu) orang arbiter yang ditunjuk oleh Ketua Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dan dilaksanakan di Jakarta, Indonesia, menggunakan Bahasa Indonesia. Putusan arbitrase akan dianggap sebagai putusan yang berkekuatan hukum tetap, mengikat dan tidak dapat digugat kembali dan karenanya Mitra Usaha atau KLUTO tidak dapat memulai suatu persidangan atau memasukan suatu gugatan di pengadilan manapun sehubungan dengan Sengketa yang timbul dari dan sehubungan dengan Ketentuan Penggunaan ini.
Setiap dan seluruh perselisihan yang timbul akibat penggunaan Layanan Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan dan/atau Penyedia Penawaran diselesaikan dengan jalur penyelesaian Sengketa yang disepakati secara langsung oleh Mitra Usaha dan Mitra Pihak Ketiga Penyedia Layanan dan Penyedia Penawaran tersebut.
11. Tindakan yang KLUTO Anggap Perlu
Apabila KLUTO mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Mitra Usaha telah melakukan tindakan pelanggaran, kejahatan atau tindakan lain yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang dirujuk dalam Ketentuan Penggunaan ini atau tidak, maka KLUTO berhak untuk dan dapat membekukan Akun, baik sementara atau permanen, atau menghentikan akses Mitra Usaha terhadap Platform KLUTO , termasuk Layanan dan/atau Penawaran yang terdapat di dalamnya, melakukan pemeriksaan, menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang dan/atau mengambil tindakan lain yang KLUTO anggap perlu, termasuk tindakan hukum pidana maupun perdata.
12. Pernyataan dan Jaminan Mitra Usaha
1. Mitra Usaha menjamin kepada KLUTO bahwa jika Mitra Usaha adalah (i) orang perorangan maka Mitra Usaha adalah orang perorangan yang berwenang untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan tidak sedang dalam pengampuan; atau (ii) badan hukum maka Mitra Usaha adalah badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
2. Mitra Usaha dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa seluruh data, informasi pribadi dan/atau konten yang dimasukkan ke dalam Platform KLUTO adalah data, informasi pribadi dan/atau konten yang sepenuhnya dimiliki oleh Mitra Usaha, termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi Pelanggan yang dimasukkan oleh Mitra Usaha ke dalam Platform KLUTO . Mitra Usaha lebih lanjut menjamin kepada KLUTO bahwa Mitra Usaha telah mendapatkan persetujuan dari Pelanggan ataupun pemilik data atau informasi untuk bisa menggunakan dan/atau mengolah informasi pribadi Pelanggan, termasuk untuk keperluan penggunaan Layanan yang terdapat di dalam Platform KLUTO.
3. Mitra Usaha menjamin akan mematuhi seluruh kebijakan Know Your Business (KYB) yang diadopsi oleh KLUTO sesuai dengan Ketentuan Penggunaan ini, Ketentuan Penggunaan Khusus dan/atau hukum serta peraturan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada mengumpulkan seluruh dokumentasi dan informasi lainnya yang diperlukan dari Mitra Usaha.
4. Mitra Usaha menjamin bahwa pelaksanaan hak dan/atau kewajiban yang terdapat di dalam Ketentuan Penggunaan ini tidak akan melanggar: (i) ketentuan anggaran dasar Mitra Usaha (dalam hal Mitra Usaha adalah badan hukum), (ii) perjanjian apapun di mana Mitra Usaha terikat menjadi pihak di dalamnya, dan (iii) peraturan perundang-undangan yang berlaku.
5. Dalam menggunakan Platform KLUTO dan Layanan, Mitra Usaha wajib untuk memiliki seluruh lisensi dan perizinan yang diperlukan untuk melakukan kegiatan usaha penyediaan barang dan/atau jasa sesuai dengan bidang usaha Mitra Usaha dan Mitra Usaha berjanji akan menaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas kepada setiap peraturan perundang-undang anti korupsi, anti suap dan anti pencucian uang yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
6. Dalam melaksanakan Ketentuan Penggunaan ini, Mitra Usaha menjamin untuk tidak menawarkan, menjanjikan, menyetujui dan mengesahkan setiap pembayaran atau pemberian, baik secara langsung maupun tidak langsung, barang atau materi yang memiliki nilai (termasuk namun tidak terbatas pada hadiah, hiburan, makanan, diskon atau kredit pribadi, atau manfaat lainnya yang tidak dibayarkan pada nilai pasar) yang mempunyai tujuan atau efek penyuapan dan korupsi yang berlaku di Indonesia atau peraturan dan hukum yang melarang setiap tindakan yang melanggar hukum untuk tujuan mendapatkan manfaat komersial bisnis.
7. Mitra Usaha dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Mitra Usaha tidak menyediakan konten, barang dan/atau jasa yang merupakan bagian ataupun dicurigai dan/atau sedang dalam proses hukum, namun tidak terbatas sebagai berikut:
a. Barang dan/atau jasa ilegal ataupun yang mengandung materi ilegal;
b. Terdiri dari barang dan/atau jasa yang melanggar hak kekayaan intelektual atau hak kepemilikan lainnya dari pihak ketiga;
c. Memfasilitasi kegiatan yang ilegal, melanggar hukum, atau tindakan pidana lainnya;
d. Mencantumkan kalimat penjelasan yang ambigu dan/atau tidak jelas, informasi menyesatkan serta konten dan informasi yang melanggar hukum dan peraturan yang berlaku;
e. Berpotensi menimbulkan konflik yang berkaitan dengan etnis, agama, ras dan kelompok;
f. Mengandung pornografi atau hal yang melanggar norma-norma etika; dan/atau
g. Mengandung penghinaan, pemerasan dan/atau konten pemfitnahan.
8. Dengan melanjutkan akses atau penggunaan terhadap Platform KLUTO dan/atau Layanan, Mitra Usaha setuju untuk tunduk dan mematuhi semua ketentuan peraturan perundang-undangan terkait dan Ketentuan Penggunaan ini, termasuk semua perubahannya dan syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi yang ditentukan oleh Mitra Pihak Ketiga Penyedia Jasa, dan Penyedia Penawaran. Segera hentikan akses atau penggunaan Platform KLUTO dan/atau Layanan jika Mitra Usaha tidak setuju dengan Pasal apapun dari Ketentuan Penggunaan ini.
9. Dalam hal Mitra Usaha melakukan pelanggaran atas ketentuan Pasal ini, maka KLUTO berhak untuk (i) melakukan tindakan penghapusan, pembatalan dan/atau pemblokiran terhadap konten yang dilarang; (ii) menghentikan akses Mitra Usaha terhadap Platform KLUTO dan/atau Layanan; dan/atau (iii) mengakhiri Ketentuan Penggunaan ini dengan segera secara sepihak, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Mitra Usaha.
13. Ganti Rugi dan Pembatasan Tanggung Jawab
1. Mitra Usaha dengan ini setuju untuk mengganti kerugian dan membebaskan KLUTO dan/atau Afiliasi KLUTO dari setiap dan seluruh klaim, kewajiban, atau tuntutan kerugian terhadap, atau diancam untuk dibawa terhadap KLUTO dan/atau Afiliasi KLUTO , oleh pihak manapun, sehubungan dengan:
a) tindakan penipuan, kriminal atau tindakan tidak sah yang dilakukan Mitra Usaha atau karyawan Mitra Usaha;
b) setiap akses pihak ketiga yang tidak sah atau ilegal terhadap Informasi Rahasia yang diakibatkan oleh kesalahan dan/atau kelalaian Mitra Usaha;
c) setiap tindakan kelalaian atau kesalahan oleh Mitra Usaha dan/atau karyawan Mitra Usaha;
d) pelanggaran Mitra Usaha terhadap Ketentuan Penggunaan ini maupun sehubungan dengan Layanan, atau Penyedia Penawaran;
e) setiap pelanggaran atas ketentuan manajemen konten yang disebabkan oleh tindakan kelalaian atau kesalahan dari Mitra Usaha dan/atau karyawan Mitra Usaha; dan
f) setiap pelanggaran terhadap ketentuan perlindungan data pribadi yang berlaku sehubungan dengan penggunaan informasi pribadi Pelanggan oleh Mitra Usaha; dan
g) setiap hal sehubungan dengan kerugian yang diderita oleh Pelanggan.
2. Kewajiban KLUTO atas setiap klaim yang diajukan sehubungan dengan pemberian Layanan tidak akan melebihi jumlah yang setara dengan keseluruhan biaya yang dibayarkan oleh Mitra Usaha kepada KLUTO sehubungan dengan pemberian Layanan dalam periode 1 (satu) tahun sebelum terjadinya pelanggaran.
3. Mitra Usaha sepenuhnya bertanggung jawab atas Informasi Rahasia karyawan Mitra Usaha dan Informasi Rahasia Pelanggan yang diterima oleh Mitra Usaha. Mitra Usaha setuju untuk melepaskan KLUTO dan/atau Afiliasi KLUTO dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan penggunaan Informasi Rahasia karyawan dan/atau Informasi Rahasia Pelanggan baik oleh Mitra Usaha dan/atau pihak ketiga lainnya. Ketentuan dalam Pasal ini akan terus berlaku kepada Para Pihak baik setelah berakhirnya Ketentuan Penggunaan ini.
4. Mitra Usaha dengan ini setuju untuk melepaskan KLUTO dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem, termasuk klaim sehubungan dengan akses tanpa otorisasi oleh pihak ketiga dan/atau klaim sebagai akibat dari penggunaan perangkat keras dan/atau jaringan yang tidak sesuai dengan rekomendasi KLUTO . Mitra Usaha wajib untuk memberitahu KLUTO sesegera mungkin jika Mitra Usaha mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga KLUTO dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.
5. Masing-masing Pihak tidak bertanggung jawab kepada Pihak yang lainnya atas kerugian tidak langsung, konsekuensial, insidental atau hilangnya data, peluang pendapatan, keuntungan, gangguan usaha atau biaya asuransi terlepas dari apakah kerugian tersebut dapat Pihak tersebut duga atau perkirakan atau Pihak tersebut telah diberitahu akan kemungkinan kerugian tersebut.
14. Keadaan Kahar
Platform KLUTO dapat diinterupsi oleh kejadian di luar kewenangan atau kontrol KLUTO (“Keadaan Kahar”), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, penyebaran wabah penyakit, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Mitra Usaha setuju untuk membebaskan KLUTO dari setiap tuntutan dan tanggung jawab, jika KLUTO tidak dapat memfasilitasi Layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Mitra Usaha berikan melalui Platform KLUTO dan/atau Layanan, baik sebagian maupun seluruhnya, karena suatu Keadaan Kahar.
15. Lain-lain
1. Jika, sewaktu-waktu, suatu ketentuan dari Ketentuan Penggunaan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan hukum dari yurisdiksi manapun, maka keabsahan, keberlakuan atau pelaksanaan dari ketentuan lainnya maupun keabsahan, keberlakuan atau pelaksanaan dari ketentuan tersebut berdasarkan hukum dari yurisdiksi lain tidak akan menjadi terpengaruh atau terganggu.
2. Mitra Usaha tidak memiliki hak untuk mengalihkan hak dan kewajiban Mitra Usaha, baik sebagian maupun keseluruhan berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini, tanpa persetujuan terlebih dahulu dari KLUTO. Namun, KLUTO dapat mengalihkan hak KLUTO berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini setiap saat kepada Afiliasi KLUTO dan/atau pihak lain yang KLUTO tunjuk tanpa perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Mitra Usaha atau memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Mitra Usaha.
3. KLUTO tidak menjanjikan adanya eksklufitas dan karenanya KLUTO memiliki hak untuk memberikan Layanan kepada setiap pesaing Mitra Usaha. Apabila diperlukan, KLUTO juga memiliki hak untuk meminta dokumen legalitas tambahan, surat pernyataan dan/atau dokumen pendukung lainnya yang berhubungan dengan Mitra Usaha dan/atau kegiatan usaha Mitra Usaha.
4. Mitra Usaha setuju dan sepakat bahwa segala perubahan, amandemen atas Ketentuan Penggunaan ini dapat dilakukan oleh KLUTO atas dasar pertimbangan KLUTO sendiri. Perubahan atas Ketentuan Penggunaan ini akan berlaku setelah KLUTO mengumumkan perubahan atas Ketentuan Penggunaan tersebut melalui sarana apapun yang dipilih oleh KLUTO (termasuk dengan mengirimkan pemberitahuan tertulis secara langsung kepada Mitra Usaha). Dengan melanjutkan akses dan penggunaan Platform KLUTO dan/atau Layanan setelah diterimanya pemberitahuan tersebut maka Mitra Usaha akan dianggap telah menyetujui perubahan atau amandemen tersebut dan setuju untuk terikat dengan Ketentuan Penggunaan yang sebagaimana telah diubah atau ditambahkan.
5. Dengan tunduk pada ketentuan yang mengatur mengenai Kontrak Elektronik, Mitra Usaha setuju dan sepakat bahwa Ketentuan Penggunaan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Mitra Usaha menekan tombol “sign up” pada saat pembukaan Akun atau tombol “sign in” pada saat akan mengakses Akun merupakan persetujuan aktif Mitra Usaha untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan KLUTO sehingga keberlakuan Ketentuan Penggunaan ini dan
adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Platform KLUTO dan/atau Layanan oleh Mitra Usaha.
6. Mitra Usaha setuju bahwa Mitra Usaha tidak akan memulai atau melakukan tuntutan atau keberatan apapun sehubungan dibuatnya maupun keabsahan Ketentuan Penggunaan ini dalam bentuk Kontrak Elektronik.
7. Bila Mitra Usaha tidak mematuhi atau melanggar ketentuan dalam KLUTO Penggunaan ini, dan KLUTO tidak mengambil tindakan secara langsung, bukan berarti KLUTO mengesampingkan hak KLUTO untuk mengambil tindakan yang diperlukan di kemudian hari.
8. Ketentuan Penggunaan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia.
16. Cara Menghubungi KLUTO
Mitra Usaha dapat menghubungi KLUTO melalui surat elektronik ke [email protected] atau melalui telepon ke nomor 0819818988. Semua korespondensi Mitra Usaha akan dicatat, direkam dan disimpan untuk arsip KLUTO.
Mitra Usaha telah membaca dan mengerti seluruh Ketentuan Penggunaan ini dan konsekuensinya dan dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan ketentuan yang diatur di dalamnya.